Wisata

Keistimewaan Wisata Bawah Laut Pulau Tidung

Sungguh indah Tuhan menciptakan berbagai pesona laut yang indah di Bumi Pertiwi. Salah satunya yaitu yang terdapat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Namanya Pulau Tidung yang terbagi lagi atas 2 pulau kecil bernama Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau ini terkenal memiliki obyek wisata yang begitu menarik dan mempesona. Terutama pada wisata bawah lautnya, membuat siapa saja yang berkunjung merasa betah dan ingin berlama-lama di pulau yang satu ini. Berikut beberapa keistimewaan dari wisata bawah laut yang ada di Pulau Tidung :

  1. Terumbu Karang yang Indah

Ketika anda menyelam ke dasar laut Pulau Tidung, berbagai terumbu karang yang bakal dengan mudah ditemukan. Keindahannya juga tidak perlu diragukan lagi. Sangat pantas disandingkan dengan keindahan bawah laut yang terdapat di Pulau Papua. Semula terumbu karang di tempat ini memang seperti tidak terawat dan sering diambil masyarakat untuk kebutuhan mereka.

Namun kini keadaannya berbeda, status terumbu karang telah dilindungi oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan luas 2,5 ha, terumbu karang yang berada disini mayoritas berjenis Arcopora. Mengapa Arcopora yang dibudidayakan ? Alasannya terumbu karang ini memiliki pertumbuhan yang bagus. Dimana setiap tahunnya mampu tumbuh hingga 1 cm. Hal tersebut tentunya baik bagi kelestarian tanaman ataupun ikan beserta hewan lainnya yang ada di laut tersebut.

2. Ikan-ikan Kecil yang Indah

Selain terumbu karang, anda juga bisa menemukan berbagai ikan kecil yang begitu indah di pandang mata. Ikan-ikan ini biasanya dibudidayakan dan ketika dewasa diolah menjadi kerupuk yang diberi nama “kerupuk ikan Pulau Tidung” yang menjadi oleh-oleh khas Pulau Tidung. Ikan-ikan disini diperbolehkan untuk dipancing asalkan setelah itu dilepaskan kembali ke lautan.

Di layar Tidung juga terdapat konservasi bawah laut yang berguna untuk melindungi ikan sekaligus terumbu karang agar tidak diambil oleh orang tak bertanggung jawab. Tak hanya sekedar berlibur saja, disini anda juga bisa belajar dan memahami bagaimana pentingnya menjaga satwa agar tidak lekas punah.

3. Tempat Terbaik Bersnokling

Bagi anda yang gemar melakukan snorkeling, taman wisata bawah laut di Pulau Tidung bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa melihat betapa indahnya terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil yang ada di laut tersebut. Dengan biaya 20 ribu hingga 40 ribu saja anda sudah bisa menyewa peralatan snorkeling dan menggunakannya selama 1 jam penuh. Pastikan juga anda memiliki kemampuan menyelam yang baik agar pihak petugas terkait mudah menyewakan peralatan tersebut kepada anda.

Penutup

Sangat disayangkan bagi anda warga Jakarta jika tidak menyempatkan diri untuk berlibur di pulau ini. Hanya dengan biaya sekitar 50 ribu saja, kita sudah bisa merasakan betapa indahnya bahari di pulau tersebut.

 

Keistimewaan Wisata Bawah Laut Pulau Tidung