Kesehatan

Vitamin B Memainkan Peran Penting dalam Metabolisme

Vitamin B Memainkan Peran Penting dalam MetabolismeVitamin B pernah dianggap sebagai vitamin tunggal yang disebut Vitamin B. Setelah banyak penelitian, kami menemukan sebenarnya ada 8 vitamin yang berbeda. Penelitian lebih lanjut juga menyimpulkan bahwa vitamin B larut dalam air, yang berarti bahwa mereka mudah dikeluarkan dari tubuh dan oleh karena itu harus dikonsumsi secara konsisten melalui diet kita. Vitamin B sering menjadi bahan pembicaraan tambahan selama bertahun-tahun karena peran penting yang dimainkannya dalam proses metabolisme. Vitamin B sangat penting dalam fungsi-fungsi seperti meningkatkan laju metabolisme, menjaga kesehatan kulit dan otot, meningkatkan fungsi sistem kekebalan dan syaraf dan mendorong pertumbuhan dan pembelahan sel. Setiap B Vitamin memiliki fungsi spesifik dalam proses metabolisme.

Baca juga : Osb Nutrisi Otak

Vitamin B1 – Vitamin B1 juga dikenal sebagai Tiamin. Tiamin sangat penting dalam fungsi otak yang sehat dan juga metabolisme karbohidrat. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan penyakit yang disebut Beriberi, yang merupakan penyakit saraf dan jantung. Gejala penyakit ini adalah penurunan berat badan, emosi tidak stabil, kelemahan, rasa sakit di lengan dan kaki, gangguan persepsi sensorik, detak jantung tidak teratur dan dalam kondisi pemutusan kematian dapat terjadi. Tiamin dapat ditemukan dalam berbagai makanan, dalam konsentrasi rendah. Ragi dan babi memiliki konsentrasi tertinggi tiamin tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam makanan seperti sereal gandum, tepung terigu, oatmeal, rami, biji bunga matahari, beras merah, kangkung, kentang, jeruk, hati, dan telur.

Vitamin B2 – Vitamin B2 juga dikenal sebagai Riboflavin. Riboflavin diperlukan untuk banyak proses seluler di dalam tubuh termasuk metabolisme energi, lemak, karbohidrat, protein dan badan keton. Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan Ariboflavinosis, yang merupakan malnutrisi protein-energi. Gejala mungkin termasuk retakan di pinggul, kepekaan terhadap sinar matahari, dan radang lidah. Riboflavin dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti susu, keju, sayuran hijau, hati, ginjal, kacang polong, ragi, jamur, dan almond.

Vitamin B3 – Vitamin B3 juga dikenal sebagai Niacin. Niasin adalah nutrisi penting yang berperan dalam proses metabolisme. Niasin terlibat dalam perbaikan DNA, dan produksi hormon steroid di kelenjar adrenal. Kekurangan Niacin bersama dengan kekurangan pada triptofan disebut Pellagra. Gejala Pellagra termasuk agresi, radang kulit, insomnia, kebingungan mental dan diare. Niasin dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti salmon, alpukat, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, wortel dan jamur, dan produk-produk hewani seperti steak, ayam dan babi.

Vitamin B5 – Vitamin B5 juga dikenal sebagai Pantothenic Acid. Pantotenik adalah nutrisi penting untuk mempertahankan kehidupan. Ini memainkan peran kunci dalam metabolisme dan sintesis karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan Pantothenic dapat menyebabkan jerawat dan pada kasus yang parah dapat menyebabkan Paresthesia, mati rasa pada kulit. Asam panthothenic dapat ditemukan dalam banyak makanan, tetapi sereal gandum utuh, kacang-kacangan, daging, telur, dan royal jelly mengandung jumlah tertinggi.

Vitamin B6 – Vitamin B6 juga dikenal sebagai Pyridoxine. Pyridoxine membantu menyeimbangkan natrium dan kalium serta mempromosikan produksi sel darah merah. Pyridoxine juga telah dikaitkan dengan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan tingkat Homocysteine, yang telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Kekurangan dalam Pyridoxine dapat menyebabkan anemia, tekanan darah tinggi, retensi air, depresi dan dermatitis. Pyridoxine dapat ditemukan dalam berbagai biji-bijian, sayuran berdaun hijau, hati, telur, dan daging.

Vitamin B7 – Vitamin B7 juga dikenal sebagai Biotin. Biotin adalah co-factor dalam metabolisme asam lemak dan leusin, dan berperan dalam mengatur kadar glukosa dalam darah Anda. Defisiensi pada orang dewasa biasanya tidak menimbulkan gejala; Namun, pada bayi dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan gangguan neurologis. Biotin dapat ditemukan dalam berbagai macam makanan seperti hati, kacang-kacangan, kedelai, susu, dalam jumlah kecil, tetapi konsentrasi yang lebih besar dapat ditemukan dalam royal jelly dan ragi bir.

Vitamin B9 – Vitamin B9 juga dikenal sebagai Asam Folat. Asam folat sangat penting untuk banyak fungsi biologis seperti memainkan peran kunci dalam proses metabolisme untuk memproduksi sel darah merah yang sehat dan mencegah Anemia untuk mengurangi tingkat Homocysteine ​​dan penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian juga menunjukkan bukti bahwa Asam Folat dapat memperlambat efek usia di otak. Asam folat sangat penting selama kehamilan karena kekurangan pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat lahir, itulah sebabnya suplementasi selama kehamilan sering dianjurkan. Asam folat dapat ditemukan dalam jumlah besar dalam sayuran daun, kacang, kacang polong, biji bunga matahari, ragi hati dan roti.

Vitamin B12 – Vitamin B12 kadang-kadang disebut sebagai Cobalamin. Vitamin B12 telah menjadi suplemen yang populer dalam minuman energi karena peran vitalnya dalam fungsi normal sistem saraf dan otak. Bersama dengan Asam Folat, Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah yang sehat. Vitamin B12 juga berperan dalam metabolisme sel-sel dalam tubuh, termasuk pengaturan dan sintesis, serta sintesis dan produksi energi asam lemak. Kekurangan Vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, ketidakmampuan DNA untuk mensintesis dalam produksi sel darah merah, kehilangan memori, meningkatkan kemungkinan penyakit kardiovaskular dan cacat kognitif lainnya. Karena Vitamin B12 hanya ditemukan dalam daging, telur, susu dan produk vegan hewan lainnya harus melengkapi diet mereka dengan Vitamin B12 atau membeli makanan nabati yang mengandung Vitamin B12 yang ditambahkan pada mereka.

Baca juga : Harga Vb Centella

Vitamin B adalah suplemen kedua yang paling penting yang dapat Anda konsumsi, selain multi-vitamin untuk tubuh yang sehat. Vitamin B adalah bagian penting untuk mendapatkan nutrisi yang paling banyak dari diet Anda dan membantu tubuh Anda tetap berenergi dan sehat. Sangat sulit untuk mengkonsumsi jumlah optimal dari masing-masing B Vitamin secara individual sehingga jauh lebih mudah dan lebih murah untuk mengkonsumsi vitamin B kompleks. Bahkan jika Anda tidak yakin apakah Anda mendapatkan terlalu banyak Vitamin B spesifik, Anda tidak bisa overdosis karena mudah dikeluarkan dari tubuh. Juga dengan kompleks Anda menggunakan efek sinergis dari semua Vitamin B, yang berarti pencernaan dan penyerapan lemak, protein, dan karbohidrat lebih baik. B Vitamin harus diminum setelah makan, tetapi jangan diminum saat Anda mengonsumsi multivitamin.